Tips Mudik dengan Sepeda Motor

Orang Indonesia pasti sudah mengenal dengan yang namanya mudik. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran / Idul Fitri. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan.
Tips Mudik dengan Sepeda Motor
Mudik dengan motor
Pemudik biasanya menggunakkan kendaraan pribadi dan umum. Besarnya biaya yang dikeluarkan jika menggunakkan angkutan umum berupa bis membuat sebagian besar para pemudik memilih menggunakan sepeda motor untuk mudik. Jumlah orang yang mudik menggunakan sepeda motor tidak sedikit. Tidak sedikit pula pemudik yang menggunakan sepeda motor mengalami kecelakaan saat di perjalanan.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, berikut tips mudik aman menggunakan motor.

1. Persiapkan fisik dan cek kendaraan Anda
Pastikan fisik Anda dalam keadaan prima, cek kondisi kendaraan seperti tekanan ulir ban dan bahan bakar minyak (BBM), cek kondisi lampu utama, lampu rem, lampu sign dan rem.

2. Memakai dan membawa perlengkapan motor
Bawa perlengkapan motor seperti jas hujan model setelan, jaket, gunakan helm SNI (berkaca bening), hindari alas kaki berupa sendal (lebih baik gunakan sepatu), dan lengkapi dengan peta mudik yang akan dilalui.

3. Cek surat-surat kendaraan
Tidak lupa juga mengecek dokumen / surat-surat kendaraan Anda,

4. Bawa barang seperlunya
Jangan membawa barang berlebihan, bawalah barang seperlunya dan jangan berpenunpang lebih dari 2 orang.

5. Berhati-hati di perjalanan
Beberapa hal yang harus Anda ingat saat sedang di perlajalanan adalah jangan lakukan perjalan sendiri, lalui rute yang sudah Anda ketahui atau hafal, jangan menggunakan alat komunikasi genggam saat mengemudikan kendaraan, jika lelah beristirahatlah, selalu jaga kebugaran tubuh selama perjalanan. Patuhi juga rambu-rambu lalu lintas.

6. Berdoa sebelum berangkat
Hal lainnya yang penting dilakukan adalah berdoa.

Demikian Tips Mudik dengan Motor dari TerdOngO, semoga aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Kunjungi terus TerdOngO untuk informasi terbaru dan terupdate lainnya.
BERIKAN KOMENTAR ()