Manfaat Makan Makanan Berserat

Makanan berserat banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, umbi-umbian dan gandum.  Makan makanan berserat sangat penting kita konsumsi. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi makanan berserat.
Manfaat Makan Makanan Berserat
Buah dan sayur menyehatkan

Mencegah sembelit
Makanan berserat tidak larut membantu melembutkan dan melunakkan tinja, sehingga mengurangi risiko sembelit / susah buang air besar yang tidak mengenakan.

Dapat membuat jantung sehat
Makanan kaya akan serat ternyata tidak hanya baik untuk pencernaan saja. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi makanan berserat dapat mengurangi tekanan darah, kadar kolesterol jahat dan peradangan.

Membuat tubuh langsing
Serat dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama dan rendah kalori dan dapat mengurangi rasa lapar, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Mengatasi diabetes tipe 2
Serat larut dianggap mampu mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin karena serat larut dapat memperlambat pencernaan karbohidrat yang membantu mencegah kenaikan gula darah secara tiba-tiba. Serat dalam biji-bijian diperkirakan mampu mengurangi risiko diabetes sekitar 35 persen.

Memperpanjang umur
Menurut beberapa penelitian, serat yang larut juga memiliki efek anti inflamasi dan membangun sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh dapat menangkal virus dan kuman-kuman penyebab penyakit.

Sekian dulu informasi tentang Manfaat Makan Makanan Berserat. Rajinlah konsumsi makanan kaya akan serat. Sehat itu menyenangkan!
BERIKAN KOMENTAR ()